XRP dan Ripple, Mengurai Dua Entitas Berbeda dalam Revolusi Pembayaran Internasional

Coinbiograph

XRP Ripple

Sering kali, XRP dan Ripple disebutkan bersama, namun keduanya adalah entitas yang berbeda. Ripple adalah perusahaan teknologi yang fokus pada sistem pembayaran internasional, sedangkan XRP adalah aset kripto yang digunakan dalam jaringan RippleNet milik Ripple.

RippleNet adalah jaringan yang dirancang untuk mempercepat dan mengurangi biaya transfer uang internasional. Dalam konteks ini, XRP berfungsi sebagai jembatan yang memfasilitasi perdagangan antar berbagai mata uang di jaringan tersebut.

Penjelasan Singkat Mengenai XRP:

Bukan Mata Uang Resmi:

XRP tidak diterbitkan oleh bank sentral mana pun dan tidak digunakan untuk transaksi sehari-hari seperti Rupiah.

Transfer Uang Internasional:

XRP digunakan dalam jaringan RippleNet untuk mempermudah dan mempercepat transfer uang antar negara.

Harga Fluktuatif:

  • Seperti aset kripto lainnya, harga XRP berfluktuasi berdasarkan permintaan dan penawaran di pasar.
  • XRP memiliki peran penting dalam ekosistem RippleNet, meskipun tidak berfungsi sebagai mata uang fiat tradisional. Sebagai aset kripto, nilai XRP dapat berubah-ubah, tetapi tetap menjadi komponen vital dalam solusi transfer uang global yang ditawarkan oleh Ripple.

Apa Itu XRP?

Mengenal XRP dan RippleNet

XRP adalah aset kripto yang digunakan dalam jaringan RippleNet, yang dikembangkan oleh Ripple, sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pembayaran internasional.

Fungsi XRP:

XRP bertindak sebagai jembatan antara berbagai mata uang yang diperdagangkan di jaringan RippleNet. Dengan demikian, XRP dirancang untuk mempercepat dan mengurangi biaya transfer uang internasional.

XRP Ledger (XRPL)

XRPL adalah blockchain publik yang terdesentralisasi, dipimpin oleh komunitas bisnis dan pengembang global yang berupaya memecahkan masalah dan menciptakan nilai tambah.

  • Reliabilitas: Telah terbukti andal selama lebih dari satu dekade tanpa kesalahan.
  • Efisiensi Pengembangan: XRPL menawarkan biaya transaksi yang rendah, kinerja tinggi, dan keberlanjutan, menjadikannya platform yang terpercaya untuk mengembangkan proyek-proyek penting Anda.

Dengan kombinasi keandalan, biaya rendah, dan kinerja tinggi, XRPL memungkinkan pengembangan yang percaya diri, mendukung berbagai proyek inovatif di seluruh dunia.

Mengenal XRP: Mata Uang Kripto untuk Pembayaran Internasional
XRP adalah mata uang kripto yang dirancang untuk memfasilitasi pembayaran internasional secara cepat dan murah. Berbeda dari banyak mata uang kripto lainnya, XRP tidak menggunakan blockchain tradisional. Sebaliknya, ia mengandalkan teknologi buku besar terdistribusi (DLT) yang dikenal sebagai XRP Ledger.

Kapan XRP Didirikan?

Sejarah dan Perkembangan XRP

XRP pertama kali dikembangkan pada tahun 2004 sebagai RipplePay di Vancouver, Kanada oleh Ryan Fugger. Pada saat itu, RipplePay dibuat untuk menyediakan cara pengiriman uang yang aman di seluruh dunia.

Kemudian, pada tahun 2012, Ripple Labs Inc., perusahaan di balik RipplePay, meluncurkan RippleNet, jaringan pembayaran global yang berfungsi sebagai jembatan antara mata uang fiat dan Ripple.

Sejak itu, XRP telah tumbuh menjadi salah satu mata uang kripto paling terkenal di dunia. Berikut beberapa tonggak sejarah penting dalam perjalanan XRP:

  • 2004: RipplePay didirikan oleh Ryan Fugger.
  • 2012: Ripple Labs Inc. didirikan dan RippleNet diluncurkan.
  • 2013: XRP Ledger diperkenalkan.
  • 2017: XRP mencapai harga tertinggi sepanjang masa di $3,81.
  • 2018: Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menggugat Ripple Labs Inc., menuduh mereka menjual XRP sebagai sekuritas yang tidak terdaftar.
  • 2020: Harga XRP turun tajam akibat gugatan SEC.
  • 2021: Harga XRP mulai pulih setelah SEC mengizinkan penemuan fakta dalam kasusnya.
  • Kasus hukum dengan SEC masih berlangsung, sehingga masa depan XRP belum pasti. Namun, XRP tetap menjadi mata uang kripto yang populer dengan banyak potensi di masa mendatang.

Cara Kerja XRP

Jaringan RippleNet:

XRP beroperasi dalam jaringan RippleNet, sebuah jaringan perbankan global yang menghubungkan berbagai lembaga keuangan di seluruh dunia. RippleNet memungkinkan bank untuk bertukar mata uang dengan cepat dan efisien, dengan biaya yang rendah.

XRP Ledger:

XRP Ledger adalah DLT yang mencatat semua transaksi XRP. DLT adalah basis data yang didistribusikan di seluruh jaringan komputer, membuatnya tahan terhadap manipulasi dan peretasan.

Konsensus:

XRP Ledger menggunakan mekanisme konsensus unik yang disebut Federated Byzantine Agreement (FBA) untuk memverifikasi transaksi. FBA memungkinkan jaringan mencapai kesepakatan tentang status buku besar tanpa memerlukan penambangan yang intensif energi.

Transaksi:

Transaksi XRP sangat cepat dan murah, biasanya diselesaikan dalam hitungan detik dengan biaya hanya beberapa sen. Hal ini dimungkinkan karena XRP Ledger tidak memerlukan verifikasi transaksi dengan bukti kerja.

Token XRP:

XRP adalah token asli dari XRP Ledger, digunakan untuk memfasilitasi transaksi di jaringan RippleNet. XRP juga dapat digunakan sebagai penyimpan nilai dan ditransfer antar pemegang akun.

Keunggulan XRP
  • Transaksi Cepat dan Murah: Transaksi XRP biasanya selesai dalam hitungan detik dengan biaya sangat rendah.
  • Skalabilitas Tinggi: XRP Ledger dapat memproses hingga 1.000 transaksi per detik.
  • Efisiensi Energi: XRP Ledger tidak memerlukan penambangan intensif energi, menjadikannya lebih ramah lingkungan dibandingkan mata uang kripto lainnya.
  • Keamanan: XRP Ledger adalah DLT yang aman dan tahan terhadap manipulasi.
  • Adopsi Luas: XRP telah diadopsi oleh banyak lembaga keuangan terkemuka.
Kelemahan XRP
  • Sentralisasi: XRP Ledger dikendalikan oleh Ripple Labs, yang menimbulkan kekhawatiran mengenai sentralisasi.
  • Kontroversi Hukum: XRP telah terlibat dalam beberapa gugatan hukum, yang dapat menimbulkan ketidakpastian bagi investor.
  • Volatilitas Harga: Harga XRP bisa sangat fluktuatif, seperti mata uang kripto lainnya.
  • Secara keseluruhan, XRP adalah mata uang kripto dengan banyak potensi dan berbagai keunggulan. Namun, penting untuk menyadari risiko yang terkait dengan investasi dalam mata uang kripto sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual XRP.

Cara Membeli XRP di Indonesia

Berikut beberapa cara untuk membeli XRP di Indonesia:

Bursa Pertukaran Kripto:

1. Binance

Binance adalah salah satu bursa kripto terbesar di dunia, menyediakan berbagai mata uang kripto termasuk XRP. Anda dapat membeli XRP menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau transfer bank. Kunjungi Binance untuk memulai.

2. Tokocrypto
Sebagai bursa kripto lokal yang populer di Indonesia, Tokocrypto memungkinkan Anda membeli XRP dengan Rupiah (IDR). Metode pembayaran yang tersedia mencakup transfer bank, e-money, dan ATM. Kunjungi Tokocrypto untuk informasi lebih lanjut.

3. Indodax
Terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Indodax adalah bursa yang dapat diandalkan untuk membeli XRP di Indonesia. Anda dapat membeli XRP dengan Rupiah (IDR) menggunakan transfer bank. Kunjungi Indodax untuk mulai bertransaksi.

4. Pintu

Pintu adalah sebuah bursa yang terdaftar resmi di BAPPEBTI, sejak tahun 2020 Anda bisa membelinya di market Pintu XRP.

5. Pluang

Pluang sendiri sudah mendaftar di BAPPEBTI pada tahun 2022, Anda bisa membeli XRP di bursa tersebut.

Dompet Kripto
Trust Wallet:

Trust Wallet adalah dompet kripto populer yang mendukung XRP. Anda dapat membeli XRP langsung melalui aplikasi dengan berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, kartu debit, dan transfer bank. Kunjungi Trust Wallet untuk mulai menggunakan.

Exodus Wallet:

Exodus Wallet adalah dompet kripto multi-aset yang aman, yang memungkinkan Anda membeli XRP dari dalam aplikasi. Anda dapat menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan transfer bank untuk melakukan pembelian. Kunjungi Exodus untuk informasi lebih lanjut.

Langkah-langkah Membeli XRP

Melakukan Riset:

Pelajari tentang XRP dan teknologi di baliknya untuk memahami cara kerjanya serta potensi risikonya.

1. Memilih Platform yang Aman dan Terpercaya

Pastikan Anda memilih bursa pertukaran atau dompet kripto dengan reputasi baik dan langkah-langkah keamanan yang memadai.

2. Membuat Akun dan Memverifikasi Identitas

Sebagian besar platform memerlukan Anda untuk membuat akun dan memverifikasi identitas sebelum membeli XRP.

Menyetorkan Dana:

Setorkan dana ke akun Anda menggunakan metode pembayaran pilihan Anda.

Membeli XRP:

Pilih jumlah XRP yang ingin dibeli dan konfirmasikan transaksi.

Hal yang Perlu Anda Ketahui

Investasi dalam mata uang kripto memiliki risiko tinggi. Anda berpotensi kehilangan seluruh investasi Anda, jadi penting untuk berinvestasi hanya dengan uang yang Anda rela kehilangan. Pastikan untuk melakukan riset menyeluruh dan memahami risiko yang terlibat sebelum melakukan investasi.

Cara Utama Menyimpan XRP

Anda dapat menyimpan XRP melalui dua cara utama:

1. Dompet Kripto

Dompet kripto adalah perangkat lunak atau aplikasi yang memungkinkan Anda menyimpan mata uang kripto seperti XRP. Ada dua jenis utama dompet kripto:

  • Dompet Panas (Hot Wallets): Dompet ini disimpan secara online, baik di perangkat seluler Anda atau di komputer. Dompet panas mudah diakses dan digunakan, namun lebih rentan terhadap peretasan.
  • Dompet Dingin (Cold Wallets): Dompet ini disimpan secara offline, baik di perangkat keras fisik seperti dompet perangkat keras atau di selembar kertas yang berisi kunci pribadi Anda. Dompet dingin lebih aman dibandingkan dompet panas, namun aksesnya bisa kurang praktis.

Beberapa dompet kripto populer yang mendukung XRP:

  • Dompet Panas: Trust Wallet, Exodus Wallet, Coinbase Wallet
  • Dompet Dingin: Ledger Nano S, Trezor Model T, Paper Wallet
2. Bursa Pertukaran Kripto

XRP juga bisa disimpan di bursa kripto tempat Anda membelinya. Namun, menyimpan XRP dalam jumlah besar di bursa tidak dianjurkan karena platform ini berisiko diretas.

Tips Menyimpan XRP dengan Aman

  1. Pilih dompet kripto yang aman dan terpercaya: Lakukan riset dan pilih dompet kripto yang memiliki reputasi baik serta langkah-langkah keamanan yang kuat.
  2. Gunakan kata sandi yang kuat dan unik: Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk dompet kripto Anda seperti yang Anda gunakan untuk akun lainnya.
  3. Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA): 2FA menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode verifikasi dari perangkat lain saat Anda masuk.
  4. Cadangkan kunci pribadi Anda: Kunci pribadi memungkinkan Anda mengakses XRP Anda. Simpan cadangan kunci di tempat yang aman dan offline.
  5. Waspada terhadap penipuan: Banyak penipuan terkait kripto. Berhati-hatilah terhadap email, situs web, dan individu yang meminta kunci pribadi Anda atau mencoba menipu Anda agar menyerahkan XRP Anda.

Teknologi Blockchain yang Mendukung XRP

XRP menggunakan teknologi blockchain konsensus unik yang dikenal sebagai “XRP Ledger”. Teknologi ini berbeda dari blockchain Bitcoin karena tidak memerlukan pertambangan (mining). XRP Ledger menggunakan konsensus oleh mayoritas validator, yang memungkinkan transaksi untuk diverifikasi lebih cepat dan dengan biaya yang lebih rendah. Kecepatan transaksi XRP mencapai ribuan transaksi per detik, menjadikannya salah satu mata uang digital paling efisien di dunia.

Peran XRP dalam Dunia Keuangan Global

XRP telah menjadi mata uang digital yang populer di kalangan institusi keuangan besar. Banyak bank dan lembaga keuangan terkemuka menggunakan XRP sebagai alat untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas. Kemampuan XRP untuk menyelesaikan transaksi dalam hitungan detik, berbeda dengan beberapa hari dalam sistem tradisional, telah membuatnya menjadi solusi yang menarik untuk meningkatkan efisiensi dan likuiditas dalam industri keuangan.

Status Regulasi XRP di Berbagai Negara

Meskipun popularitasnya, XRP telah terjerat dalam beberapa kontroversi terkait status regulasinya. Di beberapa negara, XRP dianggap sebagai sekuritas dan tunduk pada aturan yang ketat, sementara di negara lain, dianggap sebagai aset digital biasa. Perbedaan pendapat ini telah menyebabkan beberapa tantangan bagi XRP dan Ripple Labs. Pada saat yang sama, upaya mereka untuk menjalin kemitraan dengan institusi keuangan besar juga menarik sorotan pihak berwenang.

Masa Depan XRP (XRP): Prediksi dan Harapan

Banyak pakar keuangan dan teknologi telah menyatakan pandangan mereka tentang masa depan XRP. Beberapa melihat XRP sebagai mata uang digital yang berpotensi mengubah dunia keuangan dengan menggantikan sistem pembayaran tradisional, sementara yang lain melihatnya sebagai komponen penting dalam ekosistem keuangan global. Potensi untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya transaksi, dan menyediakan layanan keuangan yang lebih inklusif membuat XRP menarik bagi banyak orang di seluruh dunia.

Tantangan yang Harus Dihadapi XRP di Masa Depan

Seperti halnya semua teknologi inovatif, XRP menghadapi tantangan besar di masa depan. Perubahan regulasi, persaingan dengan mata uang digital lainnya, dan ketidakpastian pasar adalah beberapa faktor yang akan mempengaruhi keberlanjutan XRP sebagai salah satu mata uang digital terkemuka. Namun, dengan tim yang berdedikasi di belakangnya dan teknologi yang solid, XRP memiliki potensi untuk tetap menjadi salah satu mata uang digital terkemuka di masa mendatang.

XRP telah membuktikan diri sebagai salah satu mata uang digital yang menarik dalam revolusi keuangan dunia. Dengan teknologi canggih dan potensi keberlanjutan yang kuat, XRP terus menjadi pemain utama dalam dunia keuangan digital. Namun, tantangan di masa depan menuntut inovasi dan adaptasi untuk tetap relevan dan sukses dalam menghadapi masa depan yang tidak pasti.

Detail Ringkasan Tentang Cardano (ADA)

Nama Proyek
XRP

Simbol
XRP

Harga Pertoken CMC
Rp 8,048 (09 Juni 2024)

Total Suplai
100,000,000,000 XRP

Peluncuran Proyek
2004

Total Market CMC
686 (09/06/2024)

Tautan Resmi

Sosial Media

Informasi Jaringan Resmi:
Wallet Resmi XRP:

Ledger

Trezor

Math Wallet

Trust Wallet

HyperPay

Safeapal

Cobo

Metamask

Binance Chain Wallet

Binance Chain Wallet

Sumber: Lansiran dari berbagai sumber

Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Also Read

Bagikan: