Toncoin Menguak Potensi dan Keunggulan Blockchain Terdesentralisasi Masa Depan Token TON

Coinbiograph

Coin TON

Toncoin (TON) adalah cryptocurrency asli dari jaringan TON, sebuah blockchain layer-1 terdesentralisasi. Awalnya dikembangkan oleh platform pesan terenkripsi Telegram pada tahun 2018 dengan nama Gram, kemudian project ini dilanjutkan oleh TON Foundation dan berganti nama menjadi The Open Network. Mari kita mengenal lebih jauh tentang TON.

Pendiri Toncoin

TON Foundation, yang meluncurkan dan mengembangkan The Open Network (TON), didirikan oleh Anatoliy Makosov dan Kirill Emelianenko.

Awalnya, platform blockchain TON dibuat oleh dua bersaudara Nikolai dan Pavel Durov, pendiri aplikasi pesan instan Telegram. Mereka berencana meluncurkan token on-chain yang disebut Gram dan membangun platform untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Namun, pada tahun 2020, CEO Telegram Pavel Durov keluar dari proyek tersebut karena perselisihan dengan regulator Amerika Serikat terkait dengan penawaran token Gram. Pengembangan TON kemudian dilanjutkan oleh komunitas independen yang menyebut diri mereka TON Foundation.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun Telegram awalnya terlibat dalam pengembangan TON, saat ini Telegram tidak lagi memiliki keterlibatan resmi dengan TON. Toncoin adalah proyek independen yang dikembangkan dan dikelola oleh komunitas TON Foundation.

Tim Toncoin

Walaupun awalnya pengembangan TON berasal dari Telegram, terutama dari saudara Durov, Nikolai dan Pavel, proyek ini telah beralih kepemilikan.

Saat itu, Toncoin dikelola oleh Yayasan TON, sebuah komunitas yang terdesentralisasi. Yayasan ini bertanggung jawab atas semua aspek pengembangan dan pengelolaan jaringan tersebut.

Berikut adalah rangkuman dari sejarah pengembangan:
  • Pada tahun 2018, Telegram memulai proyek TON dengan Pavel Durov sebagai pemimpin.
  • Pada tahun 2020, Telegram mundur dari proyek tersebut karena masalah regulasi di AS.
  • Saat ini, Yayasan TON, yang merupakan komunitas independen, mengambil alih kepemimpinan dalam pengembangan Toncoin.

Perlu diingat bahwa Telegram tidak lagi terlibat secara resmi dalam pengembangan. Yayasan TON adalah kekuatan utama di balik masa depan proyek ini.

Detail spesifik tentang anggota individu dari Yayasan TON tidak dapat disediakan karena kemungkinan besar yayasan tersebut beroperasi sebagai tim yang terdistribusi.

Pergerakan Harga Toncoin Baru-baru Ini

Harga Toncoin (TON) telah menunjukkan tren positif dalam beberapa bulan terakhir. Dalam 30 hari terakhir, harganya naik 69,34% dan naik 171,46% dalam 3 bulan terakhir. Per 29 April 2024, diperdagangkan sekitar Rp 23,28.

Beberapa faktor yang mendorong kenaikan harga TON termasuk:

Kinerja Jaringan Kuat

Jaringan TON telah menunjukkan kinerja yang kuat dan stabil, dengan peningkatan jumlah pengguna dan aktivitas dApps.

Master Chain

Toncoin menyimpan informasi global tentang jaringan dan status akun.

Peningkatan Permintaan

Permintaan Toncoin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran dan minat terhadap proyek TON.

Sentimen Pasar Positif

Sentimen pasar terhadap cryptocurrency secara keseluruhan telah positif dalam beberapa bulan terakhir, yang juga mendukung kenaikan harga Toncoin.

Analisis Teknis

: Berdasarkan indikator seperti RSI (14), Stoch RSI (14), dan Stochastic Fast (14), Toncoin saat ini berada di zona netral, menunjukkan potensi untuk bergerak ke atas.

Prediksi Harga:

Beberapa analis memprediksi bahwa TON memiliki potensi untuk mencapai harga yang signifikan di masa depan. Prediksi harga bervariasi, namun beberapa analis memperkirakan TON dapat mencapai harga $8,49 dalam 5 hari ke depan dan $11,01 pada akhir tahun 2027.

Detail dan Keunggulan Jaringan

Jaringan TON, diluncurkan pada tahun 2018, adalah blockchain layer-1 terdesentralisasi yang dirancang untuk menjadi platform yang skalabel, aman, dan ramah pengguna untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps). Awalnya dikembangkan oleh Telegram, proyek ini kemudian diambil alih oleh TON Foundation dan berganti nama menjadi The Open Network.

Fitur Utama Jaringan TON:

Arsitektur Multi-Chain

Jaringan TON menggunakan arsitektur multi-chain yang unik, terdiri dari dua blockchain utama

Master Chain

Toncoin menyimpan informasi global tentang jaringan dan status akun.

Workchain

Memproses transaksi secara paralel, memungkinkan skalabilitas tinggi dan throughput transaksi yang cepat.

Proof-of-Stake (PoS)

Jaringan TON menggunakan mekanisme konsensus PoS untuk mengamankan jaringan dan memvalidasi transaksi. Ini memungkinkan partisipasi yang lebih hemat energi dan skalabel dibandingkan mekanisme konsensus Proof-of-Work (PoW).

Smart Contracts

TON mendukung smart contracts, yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang aman dan otonom.

Toncoin (TON)

Mata uang kripto asli jaringan Toncoin, digunakan untuk berbagai fungsi seperti pembayaran biaya transaksi, staking untuk keamanan jaringan, dan partisipasi dalam tata kelola.

Sumber Refrensi

  • CoinMarketCap
  • CoinGecko
Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Also Read

Bagikan: