Colend, Mengupas Protokol Likuiditas Token Terdesentralisasi

Coinbiograph

Token Colend

Colend adalah protokol likuiditas terdesentralisasi dan non-kustodial yang memungkinkan para peserta untuk berperan sebagai penyedia, peminjam, atau likuidator. Para penyedia menyumbangkan likuiditas ke dalam pasar dan berpotensi mendapatkan bunga atas aset kripto yang mereka sumbangkan, sedangkan para peminjam dapat mengakses pinjaman yang disertai kelebihan kolateral. Selain itu, para peminjam juga dapat melakukan transaksi pinjaman satu blok yang cepat, dikenal sebagai “flash loans,” yang menghilangkan kebutuhan untuk kelebihan kolateral.

Apa itu Colend?

Colend adalah kolaborasi di antara para pemain BTCFi yang menyediakan platform terdesentralisasi untuk memfasilitasi peminjaman dan pinjaman cryptocurrency secara langsung antara individu.

Diluncurkan di Core, sebuah lapisan Bitcoin yang menggunakan konsensus Satoshi, Colend secara bertahap menghadirkan serangkaian fitur otonom dan pendukung dalam ekosistemnya.

Mengambil inspirasi dari smart contract yang telah diuji dalam medan perang, Colend menjamin keamanan dan efisiensi, memberikan fondasi yang kokoh untuk infrastruktur dasarnya. Protokol ini terus berkembang dengan menggabungkan fitur-fitur inovatif yang telah melalui audit menyeluruh untuk memastikan integritas dan keandalannya.

Colend mendasarkan model tokenomics-nya pada prinsip ve(3,3), yang menempatkan fokus pada hasil yang terukur, tata kelola terdesentralisasi, dan insentif menarik (bribes). Protokol ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan ekosistem dengan cara yang optimal.

Pusat dari model tokenomics ini adalah COLEND, token utama Colend yang dapat dikonversi menjadi stCOLEND saat di-stake. Transformasi ini memungkinkan pemegang stCOLEND untuk berpartisipasi secara aktif dalam tata kelola platform, mendapatkan insentif, dan menikmati keuntungan lainnya. Dengan memungut biaya pinjaman dan mengarahkan emisi ke pasar tertentu melalui suara dan bribes, Colend menciptakan sistem yang memberikan manfaat kepada peminjam, pemberi pinjaman, dan staker (stCOLEND).

Tokenomics Colend didesain untuk memastikan kepentingan pengguna sejalan dengan visi jangka panjang protokol. Melalui pengurangan suplai yang beredar melalui penguncian token, pemberian imbalan kepada peserta yang berpartisipasi, dan integrasi COLEND ke dalam ekosistem DeFi yang luas, Colend bertujuan untuk menciptakan platform yang stabil, menguntungkan, dan memberi keuntungan bagi semua penggunanya.

COLEND, sebagai token asli Colend, diciptakan untuk mendorong partisipasi aktif, memberi imbalan kepada pengguna, dan memacu likuiditas melalui model ekonomi yang inovatif. Dengan struktur ekonomi yang canggih ini, Colend dapat memberikan protokol yang aman dan stabil serta mengoptimalkan pertumbuhan dan kesehatan ekosistemnya.

Distribusi

Tokenomics Colend didesain untuk memicu keterlibatan, memberikan imbalan atas partisipasi, dan memberikan insentif untuk peminjaman. Total pasokan 100 juta token COLEND didistribusikan seperti berikut:

Vesting

Colend memprioritaskan pertumbuhan berkelanjutan dan keterlibatan komunitas. Jadwal vesting mencerminkan komitmen ini, dengan periode tiga tahun untuk semua alokasi. Tim dan Mitra Strategis mengalami cliff selama satu tahun, diikuti dengan periode vesting dua tahun. Alokasi untuk komunitas dan cadangan dijadwalkan untuk periode vesting penuh tiga tahun, memastikan pelepasan token yang berkelanjutan dan stabil ke dalam ekosistem.

Staking

Dengan melakukan staking, COLEND berubah menjadi stCOLEND, memberi pemegangnya kesempatan untuk terlibat dalam tata kelola, meraih pendapatan, dan mendapat manfaat dari aktivitas platform lainnya. Model ini menggabungkan insentif pengguna dengan tujuan jangka panjang Colend, sambil mengurangi suplai yang beredar dan meningkatkan nilai token dari waktu ke waktu. Semakin lama token di-stake, semakin besar imbalan dan pengaruh dalam keputusan tata kelola.

Pertumbuhan Komunitas

Sebagai penghargaan untuk partisipasi awal dan penyediaan likuiditas, 9 juta COLEND (9% dari total pasokan) dialokasikan untuk pertumbuhan komunitas. Mayoritas alokasi ini akan diberikan kepada pengguna yang menyediakan likuiditas di platform Colend selama periode peluncuran awal sebelum Token Generation Event (TGE). Airdrop akan diselenggarakan setelah TGE.

Berapa Harga Token Colend?

Saat ini harga token colend $0.3974 USD di coinscan 29 Mei 2024.

Ringkasan Token

stCOLEND adalah token yang diciptakan saat token COLEND di-stake di platform. Ini merupakan token ERC-20 yang digunakan untuk melakukan pemungutan suara terkait arah emisi dan mendapatkan imbalan.

Nama Token
Colend

Simbol

Kontrak Token
0xea454817….2db456e29

Maksimal Suplai
10,000,000,000,000 COLEND

Decimals
18

Pembagian Distribusi

IEP

Pembakar

Marketing

Ecosystem

Stake

Team

Platform Peluncuran COLEND
PutaranHarga/TokenJumlah
1$-
2$-
3$-
4$-
5$-

Tautan Resmi

Sosial Media

Fitur Utama:

  1. Kekuatan Suara: Pemegang stCOLEND memiliki kekuatan untuk memilih alokasi penambangan likuiditas.
  2. Pendapatan: Pemegang token mendapatkan bunga dari pasar yang mereka pilih dan juga mendapatkan insentif tambahan (bribes).
  3. Distribusi Bunga: Bunga dibagikan secara proporsional kepada para pemegang stCOLEND di setiap periode.
Proses Konversi:
  1. Staking: Token COLEND dapat di-stake untuk membuat token stCOLEND dengan rasio 1:1 secara instan.
  2. Penebusan: Saat mengonversi stCOLEND kembali ke COLEND, pemegang token memilih periode penebusan. Rasio konversi meningkat seiring berjalannya waktu, dimulai dari 50% (setelah 15 hari) hingga mencapai 100% (setelah 9 bulan).
  3. Unstaking Fleksibel: Saat dalam periode unstaking, stCOLEND masih dapat digunakan untuk pemungutan suara dan menghasilkan, tetapi hanya dengan nilai 50%. Proses ini dapat dibatalkan kapan saja, mengembalikan stCOLEND tanpa perlu mengonversinya kembali ke COLEND.
Contoh:

Contoh yang baik adalah Alex yang memutuskan untuk meng-stake 500 token COLEND mereka di platform. Setelah berpartisipasi dalam pemungutan suara dan mendapatkan imbalan, Alex ingin mengambil kembali token mereka setelah periode penguncian selama 6 bulan.

Berdasarkan tabel periode penguncian, rasio konversi untuk periode 6 bulan (180 hari) adalah 82,4%. Alex akan mendapatkan kembali 412 token COLEND sebagai gantinya untuk 500 token stCOLEND mereka.

Langkah Awal Colend di Jaringan Core

Dalam langkah awal mengenai penggunaan Jaringan Core, penting untuk mempersiapkan dompet Anda dengan cermat dan memindahkan aset Anda dengan benar. Coinbiograph.com akan memberikan tips berguna untuk memilih dompet Web3 yang sesuai untuk Anda, serta menggunakan bridge resmi untuk melakukan transfer aset ke dalam Jaringan Core. Hal ini sangat krusial dalam memastikan kelancaran dan keamanan transaksi Anda di ekosistem Core.

Berikut adalah panduan praktis untuk mengatur dompet Anda di desktop dan ponsel dengan efisien dan mudah.

Cara Menggunakan Rabby Wallet (Desktop)

Untuk pengalaman yang lancar dan efisien, Rabby Wallet sangat direkomendasikan. Dompet ini terintegrasi secara native dengan Core Blockchain, mempermudah proses pengaturan dan manajemen jaringan Core tanpa harus melakukan konfigurasi manual.

Cara Menambahkan Core melalui Chainlist

Jika Anda menggunakan dompet lain seperti MetaMask dan ingin cara yang lebih mudah untuk menambahkan Core Blockchain, kunjungi Chainlist. Di sana, Anda dapat dengan cepat terhubung ke Core Mainnet atau Testnet hanya dengan satu klik, tanpa perlu konfigurasi manual yang rumit.

Pastikan untuk masuk ke ekstensi dompet Anda di browser sebelum menggunakan Chainlist untuk memfasilitasi proses konfigurasi secara otomatis.

Konfigurasi Core Mainnet

Jika Anda mengonfigurasi Core Blockchain di MetaMask atau dompet serupa, berikut adalah informasi penting yang diperlukan:

Nama Jaringan: Core Blockchain
URL RPC: https://rpc.coredao.org/
ID Rantai: 1116
Simbol Mata Uang: CORE
URL Explorer Blok: https://scan.coredao.org
Konfigurasi Core Testnet

Bagi pengembang atau pengguna yang ingin menguji aplikasi di Core Chain TestNet, gunakan detail berikut:

Nama Jaringan: Core Chain TestNet
URL RPC: https://rpc.test.btcs.network
ID Rantai: 1115
Simbol Mata Uang: tCORE
URL Explorer Blok: https://scan.test.btcs.network

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengonfigurasi dompet Anda dengan cepat dan mulai berinteraksi dengan Core Blockchain dengan mudah.

Jika memiliki kendala silahkan hubungi Tim support mereka melalui Telegram untuk mendapatkan bantuan personal!

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk mengatur bridge aset dari BNB Chain ke Core Chain atau dari jaringan lain yang serupa. Proses ini memungkinkan Anda mentransfer token Anda dengan lancar dan aman.

Pastikan Anda memiliki token yang ingin Anda bridge dan sejumlah BNB yang cukup di dompet Anda untuk menutupi biaya transaksi.

Panduan Langkah-demi-Langkah

1. Akses Bridge Core

Buka platform Bridge Core yang tersedia.

2. Hubungkan Dompet Anda

Klik tombol “Connect Wallet” untuk menghubungkan dompet Anda dengan Bridge.

Pilih metode yang sesuai untuk menghubungkan dompet Anda dan tandatangani permintaan koneksi untuk memverifikasi dompet Anda.

3. Pilih Aset dan Jumlah yang Ingin Di Bridge

  • Pilih jaringan “from network” sesuai dengan asal token Anda, misalnya, BNB Chain.
  • Pilih aset yang ingin Anda bridge dan masukkan jumlah yang ingin Anda transfer.
  • Opsional: tambahkan sejumlah BNB tambahan untuk menutupi biaya transaksi.

4. Set Up Alamat Tujuan

  • Alamat tujuan akan secara otomatis disetel ke alamat dompet yang telah Anda hubungkan.

5. Memulai Proses Bridge

  • Setelah memilih aset dan memasukkan jumlah, klik tombol “Next” atau “Continue” untuk melanjutkan proses.

6. Konfirmasi Transaksi

  • Periksa detail transaksi pada layar konfirmasi dan pastikan semuanya benar.
  • Klik “Confirm” atau “Proceed” untuk memulai proses bridge.

7. Transaksi Selesai

  • Setelah mengkonfirmasi transaksi, tunggu beberapa saat hingga proses di bridge selesai.
  • Anda akan menerima notifikasi atau pesan konfirmasi bahwa transfer telah berhasil.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mentransfer aset Anda dengan mudah dan memastikan keberhasilan proses bridge dari BNB Chain atau jaringan lainnya ke Core Chain.

Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Also Read

Bagikan: