Polygon MATIC: Ungkap Rahasia Keberhasilan Mereka di Dunia Blockchain!

Coinbiograph

Biodata Polygon MATIC
Biodata Polygon MATIC. (Foto: Ilustrasi Coinbiograph.com)

Polygon, sebelumnya dikenal sebagai Matic Network, adalah platform inovatif yang dirancang untuk meningkatkan skala dan mengembangkan infrastruktur Ethereum. Platform ini mudah digunakan dan terstruktur dengan baik, dengan komponen inti yang disebut SDK Polygon. SDK ini adalah kerangka kerja modular dan fleksibel yang mendukung pembuatan berbagai jenis aplikasi blockchain.

Dengan Polygon, pengembang dapat membuat berbagai jenis infrastruktur blockchain seperti chain rollup optimistic, chain rollup ZK, dan chain yang berdiri sendiri. Hal ini memungkinkan pengembang untuk membangun sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka.

Polygon pada dasarnya mengubah Ethereum menjadi sistem multi-chain yang lengkap, juga dikenal sebagai Internet Blockchain-blockchain. Sistem multi-chain ini mirip dengan platform seperti Polkadot, Cosmos, dan Avalanche, tetapi memiliki keunggulan dari keamanan, ekosistem yang dinamis, dan keterbukaan Ethereum.

Token $MATIC tetap berperan penting dalam ekosistem Polygon, digunakan untuk mengamankan sistem dan memungkinkan tata kelola. Polygon adalah solusi peningkatan skala Lapisan 2 yang didukung oleh Binance dan Coinbase, yang bertujuan untuk mendorong adopsi massal cryptocurrency dengan menyelesaikan masalah skalabilitas pada banyak blockchain.

Polygon menggabungkan Kerangka Kerja Plasma dan arsitektur blockchain proof-of-stake (PoS). Kerangka kerja Plasma, seperti yang diusulkan oleh salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, memungkinkan eksekusi smart contract yang dapat skala dan bekerja secara otonom dengan mudah.

Ekosistem yang sudah ada di atas chain Plasma-POS tidak akan mengalami perubahan. Dengan Polygon, fitur-fitur baru sedang dibangun di sekitar teknologi yang sudah terbukti, memperluas kemampuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengembang. Polygon terus mengembangkan teknologi inti untuk meningkatkan skala ekosistem yang lebih besar.

Polygon menawarkan hingga 65.000 transaksi per detik pada satu sidechain, dengan waktu konfirmasi blok yang cepat, kurang dari dua detik. Kerangka kerja ini juga memungkinkan pembuatan aplikasi keuangan terdesentralisasi yang dapat diakses secara global pada satu blockchain dasar.

Kerangka kerja Plasma memungkinkan Polygon untuk menampung aplikasi terdesentralisasi dalam jumlah tak terbatas tanpa menghadapi masalah yang biasanya terkait dengan blockchain proof-of-work. Hingga kini, Polygon telah menarik lebih dari 50 DApps ke sidechain Ethereum mereka yang diamankan dengan PoS.

MATIC, token asli yang dimilik Polygon, adalah sebuah token terbuat ERC-20 yang berjalan di jaringan blockchain Ethereum. Token ini digunakan untuk layanan pembayaran di Polygon dan sebagai mata uang penyelesaian antara pengguna dalam ekosistem Polygon. Biaya transaksi pada sidechain Polygon juga dibayar dengan token MATIC.

Siapa Saja Pendiri Polygon?

Polygon, sebelumnya dikenal sebagai Matic Network, diluncurkan pada Oktober 2017 oleh tiga visioner di dunia blockchain: Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal, dan Anurag Arjun. Mereka adalah dua pengembang blockchain berpengalaman dan seorang konsultan bisnis yang memiliki visi untuk memperluas dan mengoptimalkan ekosistem Ethereum.

Sebelum meluncurkan jaringannya sendiri pada tahun 2019, tim Polygon telah memberikan kontribusi besar bagi ekosistem Ethereum. Mereka terlibat dalam pengembangan MVP Plasma, protokol WalletConnect, dan mesin notifikasi kejadian Dagger yang banyak digunakan di Ethereum.

Jaynti Kanani
Jaynti Kanani (Pendiri Utama Polygon)

Salah satu pendiri utama Polygon adalah Jaynti Kanani. Jaynti, seorang pengembang full-stack dan insinyur blockchain, kini menjabat sebagai CEO Polygon. Dia berperan penting dalam mengimplementasikan protokol Web3, Plasma, dan WalletConnect di Ethereum. Sebelum terjun ke dunia blockchain, Jaynti bekerja sebagai ilmuwan data di Housing.com.

Sandeep Nailwal, co-founder dan direktur operasi Polygon, adalah seorang programmer dan pengusaha di bidang blockchain. Sebelum mendirikan Polygon (dahulu Matic), Sandeep pernah menjabat sebagai CEO Scopeweaver dan direktur teknologi di Welspun Group.

Anurag Arjun adalah satu-satunya pendiri Polygon yang tidak memiliki latar belakang pemrograman. Sebagai manajer produk, ia membawa pengalaman dari bekerja di perusahaan seperti IRIS Business, SNL Financial, Dexter Consultancy, dan Cognizant Technologies.

Ketiga pendiri ini menggabungkan keahlian mereka untuk menciptakan Polygon, sebuah platform yang bertujuan untuk mengatasi masalah skalabilitas dan mendorong adopsi massal cryptocurrency.

Apa yang Membuat Polygon Itu Unik?

Polygon dikenal sebagai solusi peningkatan skala Lapisan 2, yang berarti proyek ini tidak mencoba untuk meningkatkan lapisan blockchain dasarnya dalam waktu dekat. Sebaliknya, Polygon fokus pada pengurangan kompleksitas skalabilitas dan memastikan transaksi blockchain yang instan.

Polygon menggunakan versi khusus dari kerangka kerja Plasma, yang dibangun di atas sistem proof-of-stake yang berjalan melalui chain utama Ethereum. Teknologi tersebut memungkinkan setiap sidechain di Polygon mencapai hingga 65.536 transaksi per blok.

Secara komersial, sidechain Polygon dirancang secara struktural untuk mendukung berbagai protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang sudah tersedia di ekosistem Ethereum.

Meskipun saat ini Polygon hanya mendukung chain dasar Ethereum, jaringan ini berencana untuk memperluas dukungannya ke chain dasar lainnya berdasarkan saran dan konsensus komunitas. Ini akan menjadikan Polygon platform blockchain Lapisan 2 terdesentralisasi yang ‘interoperable’.

Berapa Banyak Token Polygon (MATIC) yang Beredar?

Token MATIC dirilis secara bulanan. Saat ini, terdapat 4.877.830.774 token MATIC yang beredar dari total suplai maksimum sebesar 10.000.000.000 token MATIC.

Pada penjualan privat pertama pada tahun 2017, sekitar 3,8 persen dari suplai maksimum MATIC diterbitkan. Penjualan launchpad pada bulan April 2019, sebanyak 19% dari total suplai dijual dengan harga $0,00263 per token, menghasilkan $5 juta.

Distribusi sisa token MATIC adalah sebagai berikut:

  • Token untuk tim: 16% dari total suplai.
  • Token untuk penasihat: 4%n dari total suplai.
  • Token untuk operasi jaringan: 12% dari total suplai.
  • Token untuk lembaga: 21,86% dari total suplai.
  • Token untuk ekosistem: 23,33% dari total suplai.
  • Menurut jadwal rilis, semua token MATIC akan selesai didistribusikan pada Desember 2022.

Bagaimana Jaringan Polygon Diamankan?

Polygon mengamankan jaringannya dengan memanfaatkan jaringan validator proof-of-stake (PoS), menjadikan staking sebagai bagian integral dari ekosistemnya. Validator di jaringan ini mempertaruhkan token MATIC mereka sebagai jaminan untuk ikut serta dalam mekanisme konsensus PoS. Sebagai imbalannya, mereka menerima token MATIC.

Bagi anggota jaringan yang tidak ingin menjadi validator, mereka dapat mendelegasikan token MATIC mereka kepada validator lain. Dengan cara ini, mereka tetap dapat berpartisipasi dalam proses staking dan mendapatkan imbalan staking.

Selain menggunakan mekanisme proof-of-stake, Polygon juga mengandalkan produsen blok di lapisan produsen blok untuk meningkatkan tingkat desentralisasi. Produsen blok ini memastikan finalitas ke chain utama dengan menggunakan titik cek dan mekanisme anti-penipuan.

Dengan kombinasi validator PoS dan produsen blok, Polygon mencapai keamanan dan desentralisasi yang tinggi, menjadikan jaringan ini handal dan aman bagi penggunanya.

Polygon (MATIC) London Hard Fork dan Kenaikan EIP-1559

Polygon umumkan London Hard Fork yang ditunggu dan kenaikan Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559 akan dikeluarkan di bermainnet pada tanggal 18 Januari 2022. Kenaikan ini akan mengganti seutuhnya langkah proses bantuan berperan di jaringan Ethereum dengan hilangkan mekanisme lelang harga pertama sebagai proses penghitungan ongkos khusus, dan tukarnya dengan ongkos dasar yang dibakar, bukan dikirim ke beberapa penambang. Walaupun tidak menurunkan ongkos transaksi bisnis, ini membuat lebih konstan, memungkinkan pemakai untuk menagih ongkos dengan lebih bagus dan mengurangi pembayaran terlalu berlebih.

Tetapi, karena token MATIC dibakar sebagai ongkos dasar, dan MATIC mempunyai suplai masih tetap sekitar 10 miliar token, ini akan mempunyai dampak deflasi pada aset digital itu. Pokok tim Polygon memproyeksikan pembakaran tahunan MATIC sebesar 0,27% dari keseluruhan suplai token, sekitar 27 juta token. Penekanan deflasi ini kemungkinan akan memberi faedah paling besar untuk validator dan delegator, karena ketidakseimbangan untuk mengolah transaksi bisnis di Polygon dipastikan dalam MATIC. Selain itu, ongkos dasar akan bertambah dengan automatis demikian block berisi penuh, menyebabkan jumlah transaksi bisnis spamming yang semakin sedikit dan jaringan yang semakin lancar. Hard Fork London pada bermainnet Ethereum dikeluarkan pada tanggal 5 Agustus 2021.

Kebersinambungan Karbon pada Jaringan Polygon

Polygon adalah dari beberapa blockchain yang mencapai netralitas karbon. Ide itu adalah sisi dari Manifesto Hijau Polygon, yang mempunyai tujuan untuk fokus pada peningkatan berkesinambungan untuk blockchain. Polygon memiliki komitmen membagikan $20 juta untuk beragam ide komune yang manfaatkan teknologi Web3 untuk membuat masa datang yang irasional untuk semua. Ini termasuk konsentrasi pada jalan keluar baru untuk penghilangan kredit karbon on-chain.

Lewat kerja sama dengan KlimaDAO, Polygon membeli kredit karbon sebesar $400.000. Kredit-kredit itu sebagai wakil yang dikeluarkan 90.000 ton emisi CO2. Token-token ini dihapus lewat alat penyatuan offset KlimaDAO, dengan kredit karbon BCT dan MCO2 yang dibikin dari offset yang disertifikasi di bawah Standard Karbon Terkonfirmasi (Verified Carbon Standar).

KlimaDAO adalah kelompok terdesentralisasi dari lingkungan, pebisnis, dan pengembang yang memiliki tujuan untuk memodernisasikan pasar karbon melalui teknologi on-chain.

Ini meliputi pengecekan emisi dari piranti keras node peletakan (staking), konsumsi energi dari operasi peletakan, dan yang lainnya.

Jadi karbon netral adalah langkah awal untuk Polygon ke arah kebersinambungan. Walaupun jaringan ini memercayakan proof-of-stake yang lebih efektif secara energi dibandingkan proof-of-work, jaringan ini tetap memiliki imbas di lingkungan. Ini berlaku bagus untuk kegiatan yang terjadi hanya di Polygon atau untuk kontrak pandai (smart contract) asli yang berhubungan dengan blockchain Ethereum.

Berapa banyak token Polygon (MATIC) yang tersebar?

Token MATIC di-launching dengan bulanan. Saat ini, MATIC memiliki suplai yang tersedia sekitar 4.877.830.774 token MATIC dan suplai optimal sekitar 10.000.000.000 token MATIC.

Pada pemasaran swasta awalannya di tahun , sekitar 3,8 % dari suplai optimal MATIC sudah dikeluarkan. Pada pemasaran lewat basis penyeluncuran pada bulan April 2019, sekitar 19 % dari keseluruhan pasokan yang dipasarkan. Harga MATIC pada saat itu adalah $0,00263 per token, dan sukses menghasilkan $5 juta.

Sisa token MATIC dipilih seperti berikut:

  • Tim Token: 16% dari seluruh suplai.
  • Token Penasehat: 4 % dari keseluruhan suplai.
  • Token Operasi Jaringan: 12 % dari seluruh suplai.
  • Token Yayasan: 21,86 % dari keseluruhan suplai.
  • Token Ekosistem: 23,33 % dari keseluruhan suplai.
  • Sesuai agenda launching, semua token akan di-launching pada bulan Desember 2022.

Poligon Keamanan?

Polygon ditangkap lewat jalan keluar Layer 2 yang memakai jaringan validator proof-of-stake untuk keamanan aset. Staking adalah sisi penting dari ekosistem Polygon.

Produsen block ini memberi finalitas (finality) ke rantaian khusus memakai checkpoint dan proses bukti penipuan (fraud-proof).

Anda bisa membeli Polygon (MATIC) di beberapa bursa (exchange) online yang fokus pada DeFi (Keuangan Terdesentralisasi). Beberapa bursa paling atas di mana Anda bisa beli, jual, dan lakukan perdagangan MATIC sekarang ini adalah:

  • Binance
  • Coinbase Pro
  • Huobi Global
  • KuCoin

Pastikan untuk melakukan riset lebih dulu dan memakai basis perdagangan yang paling dipercaya saat sebelum melakukan pembelian.

Untuk menyaksikan harga live Polygon dalam mata uang fiat opsi Anda, Anda bisa memakai fitur konverter CoinMarketCap langsung di halaman harga Polygon. Atau, Anda pun bisa memakai halaman konverter nilai ganti yang khusus. Beberapa pasangan harga terkenal untuk MATIC mencakup: MATIC/USD, MATIC/GBP, MATIC/AUD, MATIC/EUR, dan MATIC/JPY.

Dalam zaman digital yang semakin berkembang, blockchain sudah jadi teknologi yang revolusioner. Polygon MATIC adalah project blockchain terpenting yang sudah menarik perhatian beberapa orang di penjuru dunia. Bila Anda ingin tahu mengenai beberapa tokoh dibalik keberhasilan proyek ini, Anda sudah tiba ke arah tempat yang akurat. Di artikel berikut, kami akan mengungkapkan kepada Anda biodata beberapa tokoh kunci yang ada di belakang Polygon MATIC dan bagaimana mereka mencapai keberhasilan yang hebat.

Editor : Coinbiograph

Sumber : Polygon MATIC

Ringkasan

CEOJaynti Kanani, Sandeep Nailwal, Anurag Arjun
Nama ProyekPolygon
SimbolMATIC
Proyek DiluncurkanOktober 2017
Total Pasokan10,000,000,000 MATIC

Tautan Resmi

Sosial Media

Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Also Read

Bagikan: