Pi Network

Coinbiograph

Pi Network

Biodata Pi Network – Pi Network adalah sebuah platform kriptokurensi dan ekosistem sosial yang memiliki dua tujuan utama. Pertama, memungkinkan pengguna ponsel untuk menambang koin Pi tanpa membebani daya baterai atau merusak lingkungan. Kedua, menyediakan platform aplikasi yang sangat mudah diakses dan tersebar luas di seluruh dunia, di mana para pengembang dapat menawarkan utilitas dan produk dunia nyata sebagai imbalan Pi.

Dengan lebih dari 35 juta pengguna yang aktif, Pi Network berusaha untuk mengembalikan kekuatan kepada masyarakat. Mereka menggunakan mekanisme penambangan yang inovatif, memungkinkan siapa pun untuk menambang Pi langsung dari ponsel mereka. Blockchain Pi berperan dalam mengamankan tidak hanya transaksi melalui sistem meritokrasi seluler, tetapi juga menciptakan pengalaman penuh Web 3.0. Di dalam ekosistem ini, pengembang komunitas memiliki kemampuan untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang dapat dinikmati oleh jutaan pengguna.

Siapakah pengembang Pi Network?


Nicolas Kokkalis

Dr. Nicolas Kokkalis
Dr. Nicolas Kokkalis Pemimpin atau pengembang Pi Network

Dr. Nicolas Kokkalis, seorang pemimpin teknologi di Pi Network, memiliki gelar PhD dari Stanford dan menjadi instruktur di kelas aplikasi terdesentralisasi pertama di universitas tersebut, CS359B, pada tahun 2018. Penelitiannya difokuskan pada integrasi sistem terdistribusi dan interaksi manusia-komputer, dengan tujuan membawa mata uang kripto ke pangkalan masyarakat.

Pendidikannya dimulai dengan gelar BS dan MS dalam Ilmu Komputer, yang kemudian membawanya meraih gelar Ph.D. di Universitas Stanford. Setelah menyelesaikan gelar tersebut, ia melanjutkan sebagai Postdoctoral Scholar di departemen Ilmu Komputer di universitas yang sama. Selama dan setelah masa doktoralnya, Nicolas menciptakan kerangka kerja awal untuk “kontrak pintar” dalam sistem terdistribusi yang toleran terhadap kesalahan. Selain itu, ia juga mengembangkan berbagai produk berorientasi manusia, termasuk aplikasi sosial online dengan lebih dari 20 juta pengguna dan asisten email yang berdaya banyak.

Sebagai seorang yang yakin akan potensi teknis, finansial, dan sosial mata uang kripto dalam jangka panjang, Nicolas berkomitmen untuk melampaui batas-batas saat ini. Kepercayaannya pada daya transformasi blockchain mendorongnya untuk mendirikan Pi Network, di mana tujuannya adalah meningkatkan pengalaman blockchain saat ini dan memberdayakan semua individu untuk menciptakan, membangun, dan mengalami masa depan kehidupan online. Semua ini diwujudkan melalui pendekatan desain yang berfokus pada kebutuhan pengguna.


Chengdiao Fan

Dr. Chengdiao Fan
Dr. Chengdiao Fan adalah Kepala Produk di Pi Network

Sebagai Kepala Produk di Pi Network, Dr. Chengdiao Fan, seorang PhD dalam Ilmu Antropologi dari Universitas Stanford, menggabungkan komputasi sosial untuk merentangkan potensi manusia dalam skala global.

Chengdiao sukses menyelesaikan gelar Ph.D. dalam Ilmu Antropologi dengan keahlian dalam studi perilaku manusia dan kelompok manusia. Fokus penelitian selanjutnya menyoroti interaksi manusia-komputer dan komputasi sosial, terutama dalam konteks bagaimana teknologi dapat memberikan dampak positif pada perilaku manusia dan masyarakat.

Pengetahuannya yang mendalam tentang masyarakat dan perilaku manusia, yang terutama tergambar dalam proyek penelitian sebelumnya tentang perangkat lunak produktivitas, komunikasi sosial berskala besar, serta hubungan dan interaksi manusia secara online, kini membentuk kontribusinya di Pi Network. Dalam pengembangan Pi Network, Chengdiao mengaplikasikan prinsip-prinsip tersebut pada teknologi blockchain dan desentralisasi sebagai alat nyata untuk memberdayakan masyarakat. Hal ini bertujuan menciptakan peluang yang lebih mudah diakses dan sering untuk kolaborasi dan membangun utilitas.

Dengan fokus pada optimalisasi interaksi manusia-komputer dan visinya terhadap kehidupan sosio-ekonomi manusia di masa depan melalui platform web, Chengdiao memimpin upaya untuk memobilisasi individu di seluruh dunia. Mereka diundang untuk berpartisipasi aktif dan dihargai atas kontribusi mereka, membangun ekosistem inklusif yang memungkinkan warga global merdeka dan mengatur diri mereka sendiri. Selain itu, hal ini juga bertujuan menciptakan utilitas dan produksi yang bermanfaat bagi masyarakat global dan dunia pada umumnya.

Apa yang membuat Pi Network unik?

Blockchain Pi menggunakan adaptasi dari Stellar Consensus Protocol (SCP)—sebuah instansi dari Federated Byzantine Agreement—untuk memvalidasi transaksi.

Dibandingkan dengan metode penambangan blockchain tradisional seperti Proof-of-Work atau -Stake, protokol Pi memberikan kontrol terdesentralisasi, latensi rendah, kepercayaan fleksibel, dan keamanan asimtotik dengan biaya lingkungan yang jauh lebih rendah. Singkatnya, toleransi kesalahan dicapai melalui jaringan web terdesentralisasi dari node-node yang mencapai konsensus melalui jaringan kepercayaan pengguna ponsel yang memvalidasi kehadiran harian mereka dan memberikan jaminan atas keaslian orang lain di jaringan untuk mendapatkan Pi. Dampak lingkungan juga sangat berkurang karena metode ini tidak memerlukan perangkat keras yang membutuhkan energi tinggi untuk menambang.

Desain ekosistem kuat Pi Network dibangun pada model yang intuitif dan transparan, memfasilitasi Pi coins sebagai medium pertukaran tanpa konsentrasi token. Prinsip-prinsip kunci meliputi distribusi yang adil (semua orang menambang dengan tingkat yang sama), kelangkaan (tingkat penambangan berkurang seiring dengan bertambahnya orang yang bergabung), dan meritokrasi (hadiah didistribusikan berdasarkan kontribusi terhadap jaringan).

Platform pengembang Pi Network juga menawarkan berbagai kualitas yang dapat menarik minat pengembang. Sebagai basis pengguna terotentikasi identitas terbesar di dunia, Pi Network memiliki infrastruktur yang sudah dibangun sebelumnya seperti dompet kripto, otentikasi pengguna, pemberitahuan, deep linking, interoperabilitas aplikasi, dan banyak fungsionalitas lain yang sedang dikembangkan. Mesin Aplikasi-nya menggunakan sistem operasi yang mirip dengan iOS Apple, dengan komponen blockchain yang aman. Pengembang komunitas dapat menggabungkan SDK Pi dan tindakan otentikasi pengguna ke dalam aplikasi mereka, memungkinkan Pioneers untuk terintegrasi dengan lancar ke dalam ekosistem Pi dan beralih antar aplikasi yang beroperasi secara interoperabel tanpa harus login secara terpisah atau memberikan informasi kontak lainnya.

Ringkasan


CEODr. Nicolas Kokkalis
Nama ProyekPi Network (PI)
Proyek Diluncurkan14 Desember 2019
Total Pasokan100 Milyar
Situs Resmiminepi.com

Read More