Biodata Polkadot (DOT) Coin: Teknologi Blockchain yang Menghubungkan Segala Jaringan

Coinbiograph

Polkadot Coin (DOT)
Polkadot Coin (DOT) (Foto: Ilustrasi Coinbiograph.com)

Biodata Polkadot (DOT) coin telah menjadi sorotan dalam dunia kripto sebagai salah satu inovasi yang cukup menarik dalam dunia teknologi blockchain. Dengan memungkinkan interkoneksi berbagai jaringan blockchain, Polkadot telah membawa revolusi dalam cara kita memahami dan menggunakan teknologi desentralisasi. Artikel ini kami akan membawa Anda melalui biodata lengkap tentang Polkadot (DOT) coin, dari latar belakang hingga tujuan utamanya.

Apa itu Polkadot (DOT)?

Polkadot adalah protokol multichain yang memiliki basis sumber terbuka, segmen menyambungkan jaringan blockchain, memberikan fasilitas transfer lintasi rantai dari beragam data dan berbagai tipe asset. Tak hanya token. Polkadot berencana mempersiapkan dasar internet terdesentralisasi berbasis blockchain, atau dikenal sebagai Web3.

Polkadot dikenal sebagai metaprotokol layer-0 karena menjadi dasar pola untuk jaringan blockchain layer-1 sebagai parachain (rantai paralel). Sebagai metaprotokol, Polkadot sanggup secara otonom dan tanpa fork mengupdate pangkalan kode-nya lewat tata urus on-chain sesuai kehendak komune pemegang tokennya.

Polkadot memberi dasar untuk memberikan dukungan website terdesentralisasi yang dikontrol oleh pemakainya, dan untuk sederhanakan pembikinan program, instansi, dan service baru.

Prosedur Polkadot bisa menyambungkan rantai public dan individu, jaringan tanpa ijin, orakel, dan tehnologi dimasa mendatang, memungkinkannya rantai blockchain mandiri ini untuk sama-sama share info dan transaksi bisnis tanpa perlu sama-sama memercayai lewat Polkadot Relay Chain.

Token DOT asli Polkadot mempunyai tiga arah yang terang: staking untuk operasi dan keamanan, memberikan fasilitas tata urus jaringan, dan mengikat token untuk menyambungkan parachain.

Polkadot memiliki empat komponen inti:

  • Relay Chain: “Jantung” dari Polkadot, menolong membuat kesepakatan, interoperabilitas, dan keamanan bersama di semua jaringan beragam rantai;
  • Parachains: rantai mandiri yang bisa mempunyai token mereka sendiri dan dimaksimalkan untuk kasus pemakaian tertentu;
  • Parathreads: serupa dengan parachains tapi dengan sambungan fleksibel berdasar mode ekonomi pay-as-you-go;
  • Bridges: memungkinkannya parachain dan parathread untuk tersambung dan berbicara dengan blockchain external seperti Ethereum.

Siapa Saja Pendiri Polkadot?

Polkadot adalah prosedur favorit dari Web3 Foundation, sebuah Yayasan Swiss dengan visi untuk memberikan fasilitas website terdesentralisasi yang berbasiskan sumber terbuka, seutuhnya fungsional, dan ramah pemakai.

Beberapa pendiri Polkadot adalah :

Dr. Gavin Wood
Dr. Gavin Wood (CEO Polkadot)
Robert Habermeier
Robert Habermeier
Peter Czaban
Peter Czaban

Wood, Presiden Web3 Foundation, ialah yang terpopuler antara ke-3 nya karena dampaknya di industri sebagai salah satunya pendiri Ethereum, pendiri Parity Technologies, dan pembuat bahasa pemrograman kontrak pandai Solidity. Wood dianggap orang yang membuat istilah Web3.

Habermeier adalah yang menerima beasiswa Thiel dan periset dan pengembang blockchain dan kriptografi yang eksper. Czaban adalah Mantan Direktur Tehnologi di Web3 Foundation, dengan pengalaman luas di beberapa industri financial technology yang spesialis.

Berapa Banyak Token Polkadot (DOT) yang Beredar?

Sesudah dilaksanakan perubahan kembali jaringan sesudah referendum, saldo DOT bertambah sekitar 100 kali lipat, hingga satu DOT lama sama dengan 100 DOT baru. Ini bermakna jika suplai maksimal awalnya sejumlah 10 juta DOT lama di bulan Agustus 2020 jadi 1 miliar token. Perubahan kembali ini dilaksanakan hanya untuk menghindar dari pemakaian desimal kecil dan mempermudah penghitungan. Walaupun semua saldo dipertingkat sekitar 100 kali lipat, ini tak berpengaruh pada distribusi DOT atau sisi seimbang para pemegang.

Baca Juga : Biodata Polygon MATIC: Ungkap Rahasia Keberhasilan Mereka di Dunia Blockchain!

Pertama kali ditawarkan adalah (ICO) Polkadot diadakan pada bulan Oktober 2017, dan harga Polkadot saat itu adalah $0,29, yang ditawarkan sebanyak 2,24 juta token. ICO kedua diadakan pada bulan Juli 2020, dan harga penawaran Polkadot adalah $1,25, dan terjual sebanyak 342.080 token DOT.

Bagaimana Jaringan Polkadot Diamankan?

Jaringan tersebut menggunakan mekanisme NPoS (nominated proof-of-stake) dengan validator dan nominator. Nominator mendukung validator dengan token mereka. Token yang dipertaruhkan ini meningkatkan keamanan rantai dengan membuat biaya pelanggaran perilaku yang menjadi cukup mahal.

Validator ditaruhkan pada Relay Chain dan memverifikasi transaksi bisnis yang dari beragam parachain.

Di Mana Anda Dapat Membeli Polkadot (DOT)?

Bursa utama untuk perdagangan Polkadot (DOT) saat ini adalah Binance, Huobi Global, OKEx, Coinbase, KuCoin, dan lainnya.

Biodata Polkadot (DOT) coin mewakili evolusi penting didalam dunia blockchain. Dengan fokus pada interkoneksi, skalabilitas, dan kolaborasi berbagai jaringan, Polkadot membuka pintu yang tak terbatas dalam pemanfaatan teknologi desentralisasi. Melalui pendekatan yang inovatif, Polkadot menghadirkan masa depan yang cerah bagi ekosistem kripto secara keseluruhan. (cb)

Ringkasan
CEODr. Gavin Wood, Robert Habermeier, Peter Czaban
Nama ProyekPolkadot Coin (DOT)
Proyek Diluncurkan2017
Total Pasokan1,342,366,903 DOT
Situs Resmipolkadot.network

Sumber: Dari berbagai sumber

Also Read

Bagikan: