Litecoin, Menyelami Keajaiban ‘Perak Digital’ di Dunia Kripto

Coinbiograph

Litecoin LTC adalah salah satu cryptocurrency terkemuka yang telah mendapatkan popularitas besar di pasar digital. Dikenal sebagai “perak digital”, Litecoin merupakan saingan utama Bitcoin yang memiliki keunikan dan kegunaannya sendiri. Berikut adalah biodata lengkap tentang Litecoin LTC yang akan mengungkap misteri di balik cryptocurrency ini.

Apa itu Litecoin (LTC)?

Litecoin (LTC) adalah mata uang kripto yang dirancang untuk menyediakan penyelesaian transaksi dengan cepat, aman, dan murah dengan memanfaatkan sifat unik dari teknologi blockchain.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proyek ini, periksa ulasan mendalam kami tentang Litecoin.

Mata uang kripto ini dibuat berdasarkan protokol Bitcoin (BTC), tetapi berbeda dalam hal algoritma hashing yang digunakan, batas maksimum, waktu pembuatan blok, dan beberapa faktor lainnya. Litecoin memiliki waktu pembuatan blok 2,5 menit dan biaya transaksi yang sangat rendah, cocok untuk transaksi mikro dan pembayaran di tempat (point-of-sale).

Litecoin diluncurkan melalui klien open-source di GitHub pada tanggal 7 Oktober 2011, dan Jaringan Litecoin mulai beroperasi 5 hari kemudian pada tanggal 13 Oktober 2011. Sejak saat itu, Litecoin mengalami perkembangan pesat dalam penggunaan dan penerimaan di kalangan para penjual, serta telah menjadi salah satu dari sepuluh mata uang kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar sepanjang keberadaannya.

Mata uang kripto ini dibuat oleh Charlie Lee, seorang mantan karyawan Msn and yahoo, yang bermaksud membuat Litecoin menjadi “versi ringan dari Bitcoin,” karena memiliki banyak sifat yang sama dengan Bitcoin, walaupun dalam versi yang lebih ringan.

Siapa Pendiri Litecoin?

Charlie Lee CEO Litecoin LTC
Charlie Lee CEO Litecoin LTC

Litecoin didirikan oleh Charlie Lee, seorang pendukung awal mata uang kripto dan seorang nama yang dihormati di industri mata uang kripto.

Charlie Lee, dikenal sebagai “Chocobo,” adalah seorang penambang Bitcoin awal dan peneliti komputer, yang sebelumnya bekerja di Msn dan yahoo. Selain itu, Charlie Lee menjabat sebagai manajer desain di Coinbase antara tahun 2015 dan 2017 sebelum beralih ke usaha lain.

Saat ini, Charlie Lee merupakan pendukung mata uang kripto berperan sebagai manajer pengawas (managing supervisor).

Selain Lee, Litecoin Foundation juga melibatkan tiga orang lainnya dewan pengawas:

  1. Xinxi Wang
  2. Alan Austin
  3. Zing

Semuanya memiliki prestasi dan keahlian yang cukup mumpuni.

Apa yang Membuat Litecoin Menjadi Unik?

Di balik Bitcoin, Litecoin merupakan mata uang kripto murni yang paling populer kedua. Kegagalan ini sebagian besar dapat dikaitkan dengan kesederhanaannya dan manfaat energi yang jelas.

Sejak bulan Januari 2021, Litecoin paling banyak diterima dan diminati, lebih dari 2.000 penjual dan toko, sejak saat itu menerima LTC hampir di seluruh dunia.

Keuntungan utama Litecoin berasal dari kecepatan dan efisiensinya dalam biaya. Transaksi Litecoin biasanya dihitung dalam hitungan menit saja, dan biaya transaksinya hampir tidak ada.

Pada akhir tahun 2020, Litecoin mengeluarkan testnet MimbleWimble (MW), yang digunakan untuk mengetes transaksi bisnis berbasiskan MimbleWimble di Litecoin. Setelah fitur ini tersedia di mainnet, pengguna Litecoin juga mendapatkan manfaat privasi dan fungibilitas yang cukup meningkat.

Bagaimana Jaringan Litecoin Diamankan?

Sebagai mata uang kripto berbasis blockchain, Litecoin diamankan oleh pertahanan kriptografi yang sangat kuat, sehingga hampir tidak mungkin untuk disewa.

Seperti Bitcoin dan banyak mata uang kripto lainnya, Litecoin menggunakan algoritma PoW (Proof-of-Work) untuk memastikan transaksi terlindung dengan cepat dan tanpa kesalahan dan memastikan jaringan beroperasi dengan waktu aktif 100%.

Di Mana Dapat Membeli Litecoin (LTC)?

Litecoin dapat dijual dengan Dolar AS (USD), Won Korea (KRW), Euro (EUR), dan lainnya saat membeli Litecoin. Beberapa nama yang paling terkenal termasuk Huobi Global, Binance, Coinbase Pro, OKEx, dan Kraken.

Selain itu juga dapat menggunakan halaman konverter kurs mata uang yang disediakan. Pasangan harga Litecoin yang populer antara lain: LTC/USD, LTC/GBP, LTC/KRW, dan LTC/EUR.

Pembaruan Litecoin Mimblewimble

Pada tanggal 31 Januari 2022, Litecoin Foundation mengumumkan pembaruan yang dinanti-nanti yaitu Mimblewimble Extension Block (MWEB) sebagai bagian dari rilis calon Litecoin Core 0.21.2.

Litecoin LTC adalah salah satu cryptocurrency yang menarik perhatian banyak orang dengan keunikan dan potensinya sebagai investasi dan alat pembayaran. Biodata lengkap tentang Litecoin LTC dan penciptanya, Charlie Lee, menambah nuansa penting mengenai cryptocurrency ini.

Semoga artikel ini telah membantu mengungkap misteri dan menyediakan informasi berharga tentang Litecoin LTC. (CB)

Detail Ringkasan

Nama Proyek
Litecoin

Simbol
LTC

Data
Sertifikat, 17-10-2023

Maksimal Suplai
84,000,000 LTC

Peluncuran Proyek
7 Oktober 2011

Model Proyek

Tautan Resmi

Sosial Media

Informasi Jaringan Resmi:
Wallet Resmi Lictecoin:

Ledger

Trezor

Math Wallet

Trust Wallet

LUNO

Cobo

Safeapal

Coinbase

HyperPay

Metamask

Binance Chain Wallet

Binance Chain Wallet

Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Also Read

Bagikan: