Cardano (ADA), Team, CEO, CTO, CO-Founder

Coinbiograph

Cardano (ADA)

Cardano adalah merupakan platform blockchain yang berbasis proof-of-stake yang memiliki tujuan memberdayakan “pembuat perubahan, inovator, dan visioner” untuk membawa dampak positif di dunia. Proyek open-source ini ingin mendistribusikan kekuasaan dari struktur yang tidak bertanggung jawab kepada individu, menciptakan masyarakat yang lebih aman, transparan, dan adil.

Dikembangkan oleh tim insinyur terkemuka, Cardano bertujuan untuk mendistribusikan kembali kekuatan dari struktur yang tidak bertanggung jawab ke tangan individu dan kelompok yang terpinggirkan. Cardano hadir sebagai kekuatan yang mendukung perubahan dan kemajuan positif di berbagai bidang.

Diluncurkan pada tahun 2017, Cardano memiliki token ADA yang memungkinkan pemiliknya berpartisipasi dalam pengelolaan jaringan. Pemilik ADA memiliki hak suara untuk setiap perubahan yang diusulkan pada perangkat lunak.

Tim di balik blockchain berlapis ini mengklaim bahwa teknologinya sudah memiliki beberapa penggunaan menarik. Mereka bertujuan untuk mendukung pengembangan aplikasi terdesentralisasi dan kontrak pintar dengan cara yang modular.

Contoh penggunaan Cardano termasuk perusahaan pertanian yang melacak produk segar dari ladang ke toko, penyimpanan kredensial pendidikan yang tidak bisa diubah, dan membantu pengecer menekan barang palsu.

Apa Itu Cardano (ADA)?

Cardano (ADA) adalah platform blockchain generasi ketiga yang menggunakan teknologi proof-of-stake (PoS).

Disebut generasi ketiga karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan blockchain sebelumnya seperti Bitcoin dan Ethereum, yaitu:

  • Ramah Lingkungan: PoS menggunakan energi jauh lebih sedikit dibandingkan mekanisme konsensus Bitcoin (proof-of-work).
  • Keamanan Cukup Tinggi: Cardano dikembangkan dengan pendekatan berbasis penelitian ilmiah, yang membuatnya lebih aman.

Cardano bertujuan menjadi platform untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang inovatif serta menyediakan sistem keuangan alternatif.

Siapa Penemu Cardano?

Cardano didirikan oleh Charles Hoskinson, seorang pengusaha dan programmer yang juga merupakan salah satu pendiri Ethereum.

Charles Hoskinson (CEO Cardano)
Charles Hoskinson (CEO Cardano)

Hoskinson meninggalkan Ethereum pada tahun 2015 karena memiliki visi yang berbeda untuk masa depan blockchain. Dia kemudian mendirikan IOHK (Input Output Hong Kong), sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan Cardano.

Charles Hoskinson dikenal sebagai sosok visioner yang bersemangat tentang potensi blockchain untuk mengubah dunia. Dia sering berbicara di konferensi dan acara cryptocurrency, serta aktif di media sosial.

Selain Hoskinson, ada banyak individu lain yang berkontribusi pada pengembangan Cardano. Tim Cardano terdiri dari insinyur, peneliti, dan pakar dari berbagai bidang. Tokoh-tokoh penting lainnya yang berada dalam komunitas Cardano adalah:

John O'Connor
John O’Connor (CTO IOHK dan salah satu pendiri Cardano)

John O’Connor adalah CTO IOHK dan salah satu pendiri Cardano.

Michael Peñuela: Co-founder IOHK dan Chief Operating Officer (COO) Cardano Foundation.

Duncan Coutts
Duncan Coutts (Chief Marketing Officer (CMO) Cardano Foundation)

Duncan Coutts: Chief Marketing Officer (CMO) Cardano Foundation.

Cardano adalah proyek open-source, sehingga semua orang dapat berkontribusi pada pengembangannya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Cardano, Anda bisa mengunjungi situs web resminya di cardano.org.

Apa yang Menjadikan Cardano Unik?

Berikut beberapa hal yang membuat Cardano menonjol:

Pendekatan Berbasis Penelitian:

  • Ilmiah dan Tinjauan Sejawat: Pengembangan Cardano didasarkan pada penelitian ilmiah yang ketat dan tinjauan sejawat untuk memastikan bahwa protokolnya aman, skalabel, dan tahan lama.
  • Publikasi Akademik: Cardano secara rutin menerbitkan makalah akademik dan whitepaper untuk setiap tahap pengembangannya.

Arsitektur Berlapis:

  • Pemisahan Komputasi dan Konsensus: Cardano menggunakan arsitektur berlapis yang memisahkan komputasi dari konsensus, memungkinkan platform untuk mudah beradaptasi dengan perubahan dan meningkatkan skalabilitas.
  • Keamanan yang Ditingkatkan: Arsitektur berlapis juga akan membantu meningkatkan keamanan jaringan.

Mekanisme Konsensus Ouroboros:

  • Proof-of-Stake (PoS): Cardano menggunakan mekanisme konsensus PoS yang disebut Ouroboros, yang dianggap sebagai salah satu mekanisme PoS paling aman dan skalabel.
  • Efisiensi Energi: Ouroboros lebih hemat energi jika dibandingkan dengan mekanisme proof-of-work (PoW) yang digunakan oleh Bitcoin.

Komunitas yang Kuat:

  • Keterlibatan Aktif: Cardano memiliki komunitas besar dan aktif yang terdiri dari pengembang, peneliti, dan penggemar yang berkontribusi pada pengembangan dan promosi platform.

Fokus pada Keberlanjutan:

Inisiatif Lingkungan: Cardano berkomitmen untuk keberlanjutan dan telah meluncurkan beberapa inisiatif untuk mengurangi dampak lingkungannya, termasuk penggunaan protokol PoS yang hemat energi dan kemitraan dengan organisasi yang memerangi perubahan iklim.

Roadmap yang Jelas:

Tujuan yang Terukur: Cardano memiliki roadmap pengembangan yang jelas dengan tujuan yang terukur, memberikan transparansi kepada komunitas dan membantu menjaga proyek tetap pada jalurnya.

Beberapa Fitur Unik Lainnya:

  • Plutus: Bahasa pemrograman kontrak pintar yang aman dan terverifikasi.
  • Goguen: Fase pengembangan yang menambahkan kemampuan kontrak pintar ke Cardano.
  • Hydra: Solusi skalabilitas Layer 2 yang memungkinkan Cardano untuk menangani lebih banyak transaksi.

Secara keseluruhan, Cardano adalah platform blockchain yang inovatif dan ambisius dengan banyak fitur unik. Cardano memiliki potensi untuk merevolusi cara kita menggunakan teknologi blockchain. Namun, penting untuk diingat bahwa Cardano masih dalam tahap pengembangan awal. Ada risiko yang terkait dengan berinvestasi dalam cryptocurrency apa pun, dan Cardano tidak terkecuali. Pastikan untuk melakukan riset menyeluruh sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Cardano.

Jumlah Koin Cardano (ADA) yang Beredar

Hingga 7 Juni 2024, terdapat sekitar 35,64 miliar koin Cardano (ADA) yang beredar.

Jumlah ini dapat berubah seiring waktu karena beberapa faktor, seperti:

  • Emisi ADA Baru: Ada jadwal emisi ADA yang telah ditentukan yang akan menambah suplai yang beredar dari waktu ke waktu.
  • Pembakaran ADA: Beberapa transaksi di jaringan Cardano membakar ADA, yang secara permanen mengurangi suplai yang beredar.
  • Kehilangan ADA: Jika ADA hilang atau tidak dapat diakses lagi, hal ini juga akan mengurangi suplai yang beredar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang suplai ADA yang beredar, Anda dapat mengunjungi situs-situs berikut:

  • CoinMarketCap
  • CoinGecko
  • Cardano Foundation

Perlu diingat bahwa suplai yang beredar hanyalah salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat mengevaluasi nilai Cardano. Faktor lain seperti kapitalisasi pasar, tim pengembangan, dan roadmap proyek juga sangat penting untuk dipertimbangkan.

Di Mana Dapat Membeli Cardano (ADA)?

Ada beberapa tempat di mana Anda bisa membeli Cardano (ADA):

Pertukaran Cryptocurrency

  1. Indodax: Platform lokal yang memungkinkan Anda membeli ADA dengan Rupiah. Indodax
  2. Pintu: Bursa kripto yang menawarkan transaksi ADA. Pintu
  3. Tokocrypto: Salah satu bursa kripto yang populer di Indonesia.
  4. Binance: Salah satu bursa kripto terbesar di dunia dengan banyak opsi pembelian. Binance
  5. Coinbase: Platform yang mudah digunakan untuk membeli ADA dengan berbagai metode pembayaran.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Bursa

Biaya: Setiap bursa memiliki struktur biaya yang berbeda untuk perdagangan kripto.
Metode Pembayaran: Beberapa bursa menerima mata uang fiat sementara yang lain hanya menerima kripto.
Likuiditas: Ini mengacu pada seberapa mudah Anda saat membeli atau menjual ADA di bursa.
Keamanan: Pastikan bursa yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan langkah-langkah keamanan yang memadai.

Dompet Cryptocurrency

Anda juga bisa membeli ADA secara langsung dari pengguna lain melalui wallet kripto. Namun, metode ini memiliki risiko lebih tinggi karena tidak ada perlindungan seperti yang ada di bursa.

Tips Membeli Melalui Dompet

  1. Pastikan membeli ADA hanya dari penjual yang tepercaya.
  2. Lakukan riset mendalam sebelum melakukan transaksi.
  3. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda bisa memilih platform terbaik untuk membeli Cardano (ADA) sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Prediksi dan Masa Depan Cardano ADA

Bagian terakhir artikel ini akan membahas prediksi dan masa depan Cardano ADA. Dengan pertumbuhan yang begitu pesat, apa yang dapat diharapkan dari kripto ini dalam beberapa tahun ke depan?

Proyek dan Pengembangan yang Sedang Berlangsung

Cardano ADA terus mengalami pengembangan dan inovasi. Kami akan membahas proyek-proyek menarik apa saja yang saat ini sedang berlangsung untuk meningkatkan fungsionalitas dan penerimaan Cardano ADA.

Prediksi Harga: Bisakah Cardano ADA Mencapai Puncak Tertingginya?

Ketika berinvestasi kripto, prediksi harga adalah hal yang menarik. Dalam bagian ini, kami akan melihat prediksi harga Cardano ADA oleh para ahli dan apa yang membuatnya begitu menarik bagi para investor.

Cardano, Masa Depan Kripto?

Cardano ADA telah membuktikan diri sebagai kripto terdepan dengan teknologi canggih, tim yang solid, dan visi unik. Dalam kesimpulan ini, kita akan merefleksikan perjalanan Cardano ADA dan apakah kripto ini benar-benar merupakan masa depan dalam dunia digital.

Detail Ringkasan Tentang Cardano (ADA)

Nama Proyek
CARDANO

Simbol
ADA

Harga Pertoken CMC
Rp 7,686 (08 Juni 2024)

Maksimal Suplai
45,000,000,000 ADA

Peluncuran Proyek
2017

Total Market CMC
572 (08/06/2024)

Tautan Resmi

Sosial Media

Informasi Jaringan Resmi:
Wallet Resmi Cardano:

Ledger

Trezor

Math Wallet

Trust Wallet

Exodus

Safeapal

Binance Chain Wallet

Binance Chain Wallet

Daedalus

Lace Wallet

Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Bagikan:

Also Read