Binance Coin (BNB), Sejarah, Kegunaan, Hingga Tantangan Terkini di Dunia Kripto

Coinbiograph

Binance Coin - BNB

Binance Coin (BNB) telah menjadi sorotan dalam industri mata uang kripto sejak diluncurkannya. Dalam artikel ini, Coinbiograph.com akan memberikan infromasi lengkap mengenai Binance Coin (BNB), mulai dari sejarah singkat hingga tantangan yang dihadapinya saat ini.

Apa Itu Binance Coin?

Binance Coin (BNB) adalah penawaran koin perdana (ICO) diluncurkan pada tahun 2017, tepat 11 hari sebelum platform pertukaran kripto Binance mulai beroperasi. Pada awalnya, BNB diluncurkan sebagai token ERC-20 di jaringan Ethereum dengan total suplai sebanyak 200 juta koin. Dari jumlah tersebut, 100 juta BNB ditawarkan dalam ICO.

Namun, pada April 2019, koin BNB ERC-20 ini ditukar dengan BNB BEP2 dengan rasio 1:1, seiring dengan peluncuran mainnet Binance Chain. Sejak itu, BNB tidak lagi di-hosting di Ethereum dan sepenuhnya beralih ke Binance Chain.

Kegunaan BNB

BNB memiliki berbagai kegunaan penting dalam ekosistem Binance, antara lain:

1. Metode Pembayaran

BNB dapat digunakan sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi.

2. Token Utilitas

BNB digunakan untuk membayar biaya transaksi di bursa Binance, memberikan keuntungan berupa diskon biaya trading.

3. Partisipasi dalam Penjualan Token

BNB diperlukan untuk ikut serta dalam penjualan token di Binance Launchpad.

4. Dukungan untuk Binance DEX

BNB juga mendukung Binance DEX, pertukaran terdesentralisasi Binance, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan trading langsung dari dompet mereka.

Dengan berbagai kegunaan ini, BNB menjadi komponen penting dalam ekosistem Binance, memberikan nilai tambah dan manfaat bagi para penggunanya.

Apa Itu BNB Sidechain?

BNB Sidechain adalah infrastruktur dirancang untuk memfasilitasi pengembang serta komunitas dalam membangun dan menjalankan blockchain eksklusif mereka. Dengan ini, mereka dapat menciptakan sistem yang fokus pada nilai bagi banyak pengguna sambil tetap terhubung erat dengan BNB Chain.

Fungsi dan Manfaat Binance Coin (BNB)

Binance Coin (BNB) adalah sebuah mata uang kripto yang telah diterbitkan oleh Binance. Kegunaan utama BNB, di antaranya:

1. Diskon Biaya Trading

BNB digunakan untuk mendapatkan potongan biaya saat membayar biaya trading di platform Binance. Ini adalah fungsi awal BNB yang masih berlaku hingga kini.

2. Mata Uang Asli Binance Chain

BNB berfungsi sebagai mata uang asli dari Binance Chain, blockchain milik Binance.

3. Pembayaran Barang dan Jasa

BNB bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atas barang dan jasa tertentu, memperluas fungsinya sebagai alat tukar.

4. Partisipasi dalam Penjualan Token

BNB seringkali diperlukan untuk berpartisipasi dalam penjualan token kripto tertentu di Binance Launchpad.

5. Mekanisme Deflasi

Binance secara rutin melakukan pembakaran (burning) sebagian token BNB yang mereka miliki. Ini mengurangi jumlah keseluruhan BNB yang beredar, yang secara teori bisa meningkatkan harganya.

Secara ringkas, BNB adalah mata uang kripto yang sangat berguna dalam ekosistem Binance. Selain berfungsi sebagai alat tukar, BNB juga menawarkan berbagai manfaat dan keuntungan bagi penggunanya.

Keunikan Binance Coin (BNB) di Market Kripto

Berikut beberapa aspek yang membuat Binance Coin (BNB) menonjol di pasar kripto:

1. Beragam Utilitas

BNB bukan hanya sekadar token untuk trading. BNB memiliki berbagai fungsi, baik di dalam ekosistem Binance maupun di luar. Keanekaragaman ini membuat BNB lebih menarik bagi investor dan pengguna dibandingkan dengan token pertukaran lainnya yang mungkin memiliki fungsionalitas terbatas.

2. Mekanisme Deflasi

Secara rutin melakukan pembakaran (burning) token BNB, untuk mengurangi jumlah BNB yang beredar secara permanen. Pengurangan ini bisa menyebabkan kenaikan nilai token seiring waktu, menjadikannya lebih berharga bagi pemegangnya.

3. Pertumbuhan Ekosistem Binance

Binance adalah salah satu platform pertukaran kripto terbesar di dunia, dan ekosistemnya terus berkembang pesat. Pertumbuhan ini cenderung berdampak positif pada nilai BNB, karena semakin banyak orang dan bisnis yang menggunakan BNB dalam transaksi mereka.

4. Komitmen terhadap Inovasi

Tim Binance selalu mencari cara baru untuk meningkatkan platform dan kegunaan BNB. Inovasi berkelanjutan ini menunjukkan komitmen mereka terhadap masa depan BNB, menarik investor yang mencari proyek kripto yang inovatif dan berkelanjutan.

5. Aksesibilitas Tinggi

BNB sangat mudah dibeli dan dijual di berbagai platform pertukaran kripto. Kemudahan akses ini membuat BNB dapat dijangkau oleh investor dan pengguna di market kripto seluruh dunia.

6. Reputasi Binance

Binance dikenal sebagai platform pertukaran kripto yang aman dan andal. Reputasi positif ini meningkatkan kepercayaan investor terhadap BNB dan mendorong adopsinya di kalangan pengguna kripto.

Pemanfaatan Binance Coin (BNB) di Binance Exchange

Binance Coin (BNB) memiliki berbagai penggunaan di dalam ekosistem Binance Exchange. Berikut adalah beberapa cara di mana BNB dapat dimanfaatkan:

1. Menghemat Biaya Trading
  • Diskon Biaya Spot dan Margin: Dengan membayar biaya trading spot dan margin menggunakan BNB, pengguna bisa mendapatkan diskon hingga 25%. Besarnya diskon ini tergantung pada tingkat VIP penggunanya.
  • Diskon Biaya Futures: BNB juga bisa digunakan untuk membayar biaya trading futures dengan potongan sebesar 10%.
  • Diskon Biaya Binance DEX: Pengguna yang melakukan trading di Binance DEX dapat memanfaatkan BNB untuk mendapatkan diskon biaya trading.
2. Partisipasi di Binance Launchpad
  • Launchpad: Binance Launchpad adalah platform untuk proyek kripto baru yang ingin melakukan penggalangan dana. Untuk ikut serta dalam penjualan token di Launchpad, pengguna biasanya perlu menggunakan BNB.
3. Membayar Biaya Layanan Binance
  • Biaya Penarikan: Pengguna dapat membayar biaya penarikan untuk berbagai mata uang kripto dengan BNB.
  • Biaya Margin: Selain itu BNB juga bisa digunakan untuk membayar bunga atas pinjaman margin.
4. Meningkatkan Fitur Akun
  • Tingkat VIP: Pengguna dapat meningkatkan tingkat VIP akun Binance mereka dengan memegang BNB. Tingkat VIP yang lebih tinggi memberikan lebih banyak diskon dan manfaat.
5. Berpartisipasi dalam Program Binance
  • Binance Staking: Pengguna bisa men-stake BNB mereka untuk mendapatkan bunga.
  • Binance Earn: Pengguna bisa meminjamkan BNB mereka ke Binance dan mendapatkan bunga.
  • Trading BNB

Seperti Mata Uang Kripto Lainnya: BNB bisa diperdagangkan layaknya mata uang kripto lainnya di Binance Exchange. Pengguna dapat membeli, menjual, dan memperdagangkan BNB dengan berbagai mata uang kripto lainnya.

Selain kegunaan di atas, BNB juga bisa digunakan untuk:

  • Membayar Barang dan Jasa: Beberapa merchant menerima BNB sebagai metode pembayaran.
  • Donasi: BNB bisa disumbangkan ke berbagai organisasi amal.

Cara Menambang Binance Coin (BNB)

Menambang Binance Coin (BNB) tidak semudah menambang Bitcoin atau Ethereum. Namun, ada dua cara utama untuk mendapatkan BNB melalui proses penambangan:

Menambang BNB Melalui Pool Mining

Bergabung dengan Pool Mining: Bergabung dengan pool mining berarti menggabungkan kekuatan komputasi dengan banyak penambang lainnya. Pool ini kemudian bekerja bersama untuk menambang BNB, dan hasilnya dibagi berdasarkan kontribusi masing-masing anggota.

Beberapa Pool Mining BNB yang Populer:

  1. Binance Pool
  2. Flexpool
  3. MinerGate
Memilih Koin untuk Ditambang

Setelah bergabung dengan pool, Anda perlu memilih koin yang ingin ditambang. Beberapa pool memungkinkan Anda untuk menambang berbagai koin, termasuk BNB.

Menyiapkan Perangkat Lunak dan Perangkat Keras: Anda memerlukan perangkat lunak penambangan yang sesuai dengan pool dan perangkat keras yang cukup kuat untuk menambang secara efektif.

Mulai Menambang: Setelah semuanya siap, Anda dapat mulai menambang BNB. Pool akan menangani proses penambangan, dan Anda akan menerima imbalan dalam bentuk BNB secara berkala.

Cloud Mining BNB
  • Menyewa Daya Komputasi Cloud: Cloud mining melibatkan menyewa daya komputasi dari penyedia layanan cloud mining. Penyedia layanan ini akan menangani semua proses penambangan, dan Anda akan menerima imbalan dalam bentuk BNB.

Beberapa Penyedia Layanan Cloud Mining BNB yang Populer:

  1. Hashflare
  2. Genesis Mining
  3. Crypto Cloud
  • Memilih Penyedia Layanan: Pilih penyedia layanan cloud mining yang terpercaya dan menawarkan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Membuat Akun: Buat akun di situs web penyedia layanan dan pilih paket yang ingin Anda beli.

Mulai Cloud Mining: Setelah pembayaran diproses, Anda dapat mulai cloud mining BNB. Penyedia layanan akan menangani proses penambangan, dan Anda akan menerima imbalan dalam bentuk BNB secara berkala.

Hal Yang dipertimbangan Sebelum Menambang BNB

  1. Profitabilitas: Profitabilitas penambangan BNB bergantung pada beberapa faktor, termasuk harga BNB, tingkat kesulitan penambangan, dan biaya listrik. Pastikan untuk menghitung profitabilitas dengan cermat sebelum mulai menambang.
  2. Biaya: Ada beberapa biaya yang terkait dengan penambangan BNB, seperti biaya pool mining atau cloud mining, biaya listrik, dan biaya perangkat keras. Pastikan untuk mempertimbangkan semua biaya ini sebelum memulai.
  3. Risiko: Penambangan kripto memiliki risiko. Harga BNB bisa turun, kesulitan penambangan bisa meningkat, dan Anda mungkin menghadapi masalah perangkat keras. Pahami risiko ini sebelum mulai menambang.
  4. Menambang BNB bisa menjadi cara yang menguntungkan untuk mendapatkan koin, tetapi penting untuk mempertimbangkan profitabilitas, biaya, dan risikonya sebelum memulai. Cloud mining bisa menjadi pilihan yang lebih mudah bagi pemula, namun penting untuk memilih penyedia layanan yang memiliki reputasi baik.

Cara Membeli Binance Coin (BNB)

Membeli Binance Coin (BNB) bisa dilakukan dengan berbagai cara, tergantung pada preferensi dan lokasi Anda. Berikut adalah panduan untuk membeli BNB:

1. Melalui Pertukaran Kripto Terpusat (CEX)

  • Pilih CEX: Pilih pertukaran kripto terpusat yang mendukung perdagangan BNB dan terdaftar di Indonesia. Beberapa CEX populer di Indonesia termasuk Binance, Indodax, dan Tokocrypto.
  • Buat Akun: Daftarkan diri Anda dan selesaikan proses verifikasi KYC (Know Your Customer).
  • Deposit Dana: Depositkan mata uang fiat (seperti IDR) ke akun Anda menggunakan berbagai metode pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, atau kartu kredit/debit.
  • Beli BNB: Setelah dana tersedia di akun Anda, Anda bisa membeli BNB. Biasanya, CEX menawarkan berbagai pasangan mata uang untuk perdagangan BNB seperti BNB/IDR, BNB/USDT, dan BNB/BTC.

2. Melalui Pasar P2P (Peer-to-Peer)

  • Pilih P2P Marketplace: Pilih pasar P2P yang mendukung perdagangan BNB dan terdaftar di Indonesia. Beberapa pasar P2P populer di Indonesia termasuk LocalBitcoins dan Paxful.
  • Buat Akun: Daftarkan diri Anda dan selesaikan proses verifikasi KYC.
  • Temukan Penjual: Cari penjual BNB di platform tersebut dan pilih yang memiliki reputasi baik serta menawarkan harga yang wajar.
  • Buat Pesanan: Tentukan jumlah BNB yang ingin Anda beli dan harga yang Anda siap bayar.
  • Selesaikan Transaksi: Setelah menemukan penjual yang cocok, transfer dana fiat ke penjual dan terima BNB Anda.

3. Melalui ATM Kripto

  • Temukan ATM Kripto: Cari ATM kripto di sekitar Anda yang mendukung pembelian BNB. Anda bisa menemukan daftar ATM kripto di situs seperti Coin ATM Radar.
  • Verifikasi Identitas: Ikuti petunjuk di layar untuk memverifikasi identitas Anda di ATM kripto.
  • Beli BNB: Pilih opsi untuk membeli BNB dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan transaksi. Anda biasanya dapat membeli BNB dengan uang tunai atau kartu debit/kredit.

3. Pertimbangan Sebelum Membeli BNB

  • Pilih Platform yang Aman: Pastikan Anda membeli BNB dari platform yang terpercaya dan aman. Lakukan riset dan baca ulasan pengguna sebelum memilih platform.
  • Pertimbangkan Biaya: Setiap platform dan metode pembelian memiliki biaya yang berbeda. Bandingkan biaya sebelum membeli untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  • Keamanan: Simpan BNB Anda di dompet kripto yang aman. Hindari menyimpan BNB di platform pertukaran dalam jangka waktu yang lama.

Membeli BNB dapat dilakukan melalui beberapa metode, baik melalui pertukaran kripto terpusat, pasar P2P, atau ATM kripto. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, dan pastikan untuk mempertimbangkan keamanan dan biaya sebelum melakukan pembelian. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa dengan mudah menambah BNB ke portofolio kripto Anda.

Binance Coin (BNB) memiliki banyak manfaat di dalam Binance Exchange, mulai dari mendapatkan diskon biaya, berpartisipasi dalam peluncuran token baru, hingga membayar berbagai biaya layanan. Kegunaan BNB yang luas menjadikannya aset yang sangat berharga bagi pengguna Binance.

Penting Untuk Memahami Risiko

Meskipun BNB memiliki banyak keunikan dan keunggulan, penting untuk diingat bahwa semua investasi kripto memiliki risiko. Sebelum berinvestasi di BNB, lakukan riset sendiri dan pahami risiko yang terlibat.

Binance Coin (BNB) adalah mata uang kripto bukan hanya unik, namun memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya menonjol di pasar kripto. Keunikan ini, ditambah dengan pertumbuhan ekosistem Binance dan komitmen terhadap inovasi, menjadikan BNB pilihan menarik bagi investor yang mencari peluang jangka panjang di dunia kripto.

Detail Ringkasan Tentang Binance Coin (BNB)

Nama Proyek
Binance Coin

Simbol
BNB

Harga Pertoken CMC
Rp 11 Jutaan (10 Juni 2024)

Maksimal Suplai
147,564,446 BNB

Peluncuran Proyek
2017

Total Market
813 (10/06/2024)

Tautan Resmi

Sosial Media

Informasi Jaringan Resmi:
BNB Chain
Wallet Resmi Cardano:

Ledger

Trezor

Math Wallet

Trust Wallet

Safeapal

Binance Chain Wallet

Binance Chain Wallet

Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Also Read

Bagikan: