Analisis Teknikal: Tutorial Komplet untuk Pemula

Coinbiograph

Analisis Teknikal
Analisis Teknikal (Foto: Ilustrasi Coinbiograph)

Bila Anda baru mengenali dunia trading atau investasi, Anda barangkali sempat dengar mengenai “analisis teknikal.” Apa sebetulnya analisis teknikal? Bagaimanakah cara Anda memakainya untuk memutuskan yang lebih bagus pada dunia keuangan? Coinbiograph.com akan menolong Anda pahami ide dasar secara gampang dimengerti untuk pemula.

Apa Itu Analisis Teknikal?

Analisis teknikal ialah sesuatu sistem yang dipakai oleh beberapa trader dan investor untuk mengenali kesempatan dan dampak negatif di pasar keuangan dengan menganalisa data bersejarah harga dan volume saham, mata uang, komoditas, atau instrument keuangan yang lain. Maksudnya untuk memprediksikan gerakan harga di masa datang berdasar skema dan trend yang kelihatan dalam data bersejarah.

Analisis teknikal benar-benar berlainan dari analisis esensial, lebih konsentrasi pada beberapa faktor ekonomi, neraca keuangan perusahaan, dan beberapa berita pasar. Di lain sisi, lebih fokus pada gerakan harga itu sendiri. Ini ialah alat yang bermanfaat, khususnya untuk mereka lebih sukai memercayakan data bersejarah dan diagram dibanding aspek esensial.

Kenapa Analisis Teknikal Penting?

Analisis teknikal ialah penting karena bisa memberi pandangan yang bernilai mengenai sikap pasar. Dengan memahami, Anda dapat:

  1. Mengenali Trend: Anda bisa menyaksikan apa sesuatu instrument keuangan sedang dalam trend naik, trend turun, atau sekitar. Ini bisa menolong Anda memutuskan apa akan beli, jual, atau meredam asset itu.
  2. Mengenal Skema: Memungkinkannya Anda untuk mengenal pola-pola harga yang terulang lagi, seperti skema kepala dan pundak, ganda hebat, ganda bottom, dan banyak. Ini bisa dipakai untuk memprediksikan gerakan harga seterusnya.
  3. Tentukan Point Masuk dan Keluar: Anda bisa tentukan point masuk yang bagus untuk beli atau jual sesuatu instrument. Ini bisa menolong Anda memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir rugi.
  4. Mengurus Dampak negatif: Bisa menolong Anda mengenali level-level dukungan dan resistance, yang bisa dipakai untuk tentukan level-level setop loss dan take keuntungan.

Ide Khusus

Saat Anda mengawali dengan analisis teknikal, ada banyak ide khusus yang penting Anda kenali:

  1. Diagram Harga: Diagram harga ialah alat khusus. Anda akan menyaksikan diagram yang memperlihatkan gerakan harga dari hari ke hari. Ada beragam tipe diagram, seperti diagram garis, diagram tangkai, dan diagram lilin.
  2. Dukungan dan Resistance: Dukungan ialah tingkat harga di mana instrument condong stop turun dan kembali naik, dan resistance ialah tingkat harga di mana instrument condong stop naik dan kembali turun.
  3. Tren: Tren ialah arah umum gerakan harga. Ada tiga tipe trend: uptrend (trend naik), downtrend (trend turun), dan sideways (trend datar).
  4. Tanda Teknikal: Tanda teknikal ialah alat tambahan yang dipakai. Ini termasuk Moving Average, Relative Strength Indeks (RSI), dan banyak yang lain. Tanda ini menolong Anda mengonfirmasi trend dan mengenali kekuatan peralihan trend.

Baca Juga:

➥ Analisa Harga Kripto Mingguan: BTC, ETH, XRP, BNB, DOGE, dan SOL

Langkah Mengawali

Saat ini, silahkan saksikan beberapa langkah awalnya untuk mengawali dengan analisis teknikal:

  1. Tentukan Basis Trading: Langkah awal ialah pilih basis trading atau broker yang sesuai keperluan Anda. Pastikan basis itu sediakan beberapa alat yang Anda perlukan.
  2. Ketahui Beberapa dasar: Sempatkan diri untuk pahami beberapa dasar analisis teknikal, seperti diagram harga, dukungan, resistance, dan trend. Ada beberapa sumber belajar online dan buku yang bisa menolong Anda.
  3. Kerjakan pada Diagram Bersejarah: Membuka diagram bersejarah instrument keuangan yang Anda meminati dan aplikasikan beberapa konsep yang sudah Dipelajari. Coba mengenali trend, skema, dan tingkat dukungan dan resistance.
  4. Pakai Tanda Teknikal: Ketahui langkah memakai tanda teknikal seperti Moving Average dan RSI. Kerjakan pemakaiannya pada diagram bersejarah.
  5. Analitis Trend Saat Ini: Sesudah Anda merasakan lebih optimis, coba aplikasikan pada trend sekarang ini dan saksikan apa Anda bisa mengenali kesempatan trading.

Ringkasan

Pada dunia trading dan investasi, analisis teknikal ialah alat yang terpenting untuk pahami sikap pasar dan memutuskan yang lebih bagus. Dengan pahami ide dasar seperti diagram harga, dukungan, resistance, dan trend, Anda bisa meningkatkan ketrampilan yang bermanfaat. Janganlah lupa untuk selalu belajar dan latihan, karena analisis teknikal memerlukan pengalaman dan pengetahuan yang semakin berkembang . Maka, selamat belajar, dan mudah-mudahan sukses diperjalanan Anda ke arah dunia yang nyata!

Disclaimer:

"Informasi di Coinbiograph hanya sebagai referensi, bukan saran investasi. Artikel ini tidak mendukung pembelian atau penjualan kripto tertentu.

Perdagangan keuangan, termasuk cryptocurrency, selalu berisiko. Risetlah sebelum berinvestasi. Keputusan ada pada Anda.

Gunakan platform resmi yang legal, terutama di Indonesia. Pilih platform kripto yang terdaftar oleh BAPPEBTI dan OJK klik disini."

Follow

Also Read

Bagikan: